Kelengkapan berkemah diartikan sebagai berbagai peralatan dan perlengkapan yang kudu disiapkan sama seorang pramuka ketika hendak mengikuti perkemahan. Berbagai peranti tersebut harus disiapkan terlebih dahulu karena kelancaran pada mengikuti perkemahan. Jenis dan macam produk yang kudu disiapkan sebelum mengikuti perkemahan harus disesuaikan dengan waktu, lama, mandala, dan tumpuan perkemahan. Perkemahan yang dilaksanakan satu perian dengan perkemahan yang berlaku satu minggu pasti membutuhkan peralatan yang berbeda. Pula biar berkemah tatkala daerah pegunungan dengan pada dataran rendah akan membutuhkan kelengkapan yang juga luar biasa.

Peralatan di dalam berkemah siap dikelompokkan menjadi dua ulah, yaitu kelengkapan kelompok dan peralatan diri. Peralatan kelompok adalah peranti yang kudu disiapkan dan digunakan berdasar pada bersama-sama. Meskipun, peralatan pribadi adalah peralatan untuk masing-masing anggota kelompok.

Macam Jenis Kelengkapan Kemah Kelompok



Peralatan berkemah ini diterapkan secara syahda atau menyatu satu pasukan atau sangga. Sehingga utk mempersiapkannya dibutuhkan koordinasi alias pembagian saat masing-masing cantrik. Usahakan penggolongan penyiapan peralatan ini merata ke semua anggota kelompok. Rupa peralatan kemah yang mesti dipersiapkan secara bersama-sama (berkelompok) adalah:

Tenda Pramuka dan perlengkapannya seperti tiang tenda, tali tenda, pasak, & palu pemukul pasak.

Bahan memasak, sebagaimana kompor intensif, panci, wajan, timba larutan, sendok daun, pisau, dan sebagainya.



Bahan makanan, seperti melukut, mi instan, dan lauk.

Tikar tenda

Cangkul kuntet untuk memproduksi parit tirta di sekitar tenda

Kompas

Bendera Ahmar Putih, duaja WOSM, serta bendera Tunas Kelapa (bendera gudep alias kwartir)

Salang penerangan

Di dalam beberapa rupa perkemahan atau jika dibutuhkan, dapat juga dilengkapi pada perlengkapan untuk membuat http://alfiqaoutdoor.com/ gapura tenda, pagar sekeliling tenda, alat keheningan, perlengkapan tonggak bendera, dsb.

Macam Rupa Peralatan Kemah Pribadi

Bahan pribadi didefinisikan sebagai barang-barang yang digunakan mengacu pada pribadi oleh setiap anggota kelompok. Untuk menyiapkannya setiap bagian membawa kelengkapan sesuai dengan kebutuhan. Logistik yang buat haruslah peralatan yang terlalu dibutuhkan dengan demikian tidak memberatkan saat membawanya.

Masukkan & atur sedemikian rupa kesemua peralatan berkemah tersebut di dalam tas rangsel. Penyusunan bahan berdasarkan repot benda (barang yang bobot di tarus di sesi atas rangsel), serta waktu dan seringnya barang dipakai (barang renggang digunakan atau masih lambat diletakkan tatkala bagian lembah rangsel). Pakaian ganti sepantasnya dimasukkan lepas ke dalam kantong plastik, pun dalam pakaian licik, jika tdk sempat dicuci, dimasukkan agaknya dalam kekandi plastik tersendiri. Sedangkan alat tulis, peralatan menggosok, dan obat-obatan, masing-masing dimasukkan wadah terbelah untuk memudahkan pengambilan apabila sewaktu-waktu diperlukan.

Kesemua peralatan yang dibawa dalam berkemah, baik peralatan kelompok mau pun peralatan diri, hendaknya didata. Baik sebelum ataupun sehabis perkemahan setelah, masing-masing siap megececk peralatannya agar tiada peralatan yang tertinggal.